Sunday, December 18, 2011

Su-27 Flanker TNI AU TS-2701

Projek saya kali ini adalah Su-27 Flanker marking TNI AU nomor ekor TS-2701. Projek ini bermula ketika saya sedang browsing di www.hannants.co.uk menemukan decal Su-27 keluaran Hi-Decal skala 1/48, segera saya pesan itu order dekal tersebut. Untuk kitnya saya masih mencari dan memikirkan opsi pembeliannya. Kalo merk kitnya pasti Academy, dari beberapa sumber, kit dari Academy 1/48 ini yang paling mendekati. Akhirnya kit saya peroleh dari forum di Kaskus, ini linknya (www.kaskus.us/showthread.php?t=2235039). Selain kit saya dapat bonus decal untuk TNI AU, tapi sayang setelah saya terima ternyata dekalnya sudah rusak (nempel di kertas minyak pelindungnya).

Academy 1/48 Su-27 ini merupakan salah satu kit Flanker terbaik. Baik secara akurasi maupun dari segi detil, panel line recesed dan detil rivet yang cukup bagus. Dalam box bawaan sudah tersedia multi material paqrt termasuk PE set untuk kokpit, wheel well dan beberapa bagian lainnya, ban dari karet sintetik warna hitam (menurut saya harus di cat lagi karena warna asli terlalu glos). Kit ini dapat dipajang/pose dalam berbagai posisi manuver, dengan part flap, vertical stabilisator, horisontal stabilisator, air brake, kanopi, leading edge flap yang dapat disesuaikan dengan posisi pose. Satu lagi, cetakan sayap yang menyatu dengan body membuat kita tidak repot untuk memastikan akurasi pemasangan. Di bagian kokpit untuk yang menyukai akurasi, Academy kurang memberikan yang terbaik, kursi lontar versi K-36 nya sama sekali tidak akurat (baik bentuk maupun ukurannya), dari sisi kokpit cukup ok meskipun detil masih banyak yang tidak akurat. Selebihnya cukup akurat.

Seperti biasa perakitan dimulai dari kokpit, dengan apa yang tersedia dalam box, kokpit saya tampilkan sebisa saya (I do my best). Kurangnya referensi warna kokpit, saya putuskan pakai warna light blue sesuai manual. Begitu pula dengan landing gear depan dan belakang dengan warna yang sama pula. Belakangan baru nyadar kalo warnanya sama dengan body bawah (karena sudah terlanjur jadi maka saya abaikan).

Tahap berikutnya merakit bagian badan pesawat yang terdiri dari dua part atas dan bawah, proses penyatuan ini memerlukan banyak dempul di persambungannya. Terutama di sekitar belakang hidung harus serapi mungkin, karena bagian ini nantinya banyak terekspose. Lanjut dengan pemasangan flap, vertical stabilisator, horisontal stabilisator, air brake, leading edge flap ke posisinya.

Sampai proses perakitan ini, kit sempat terbengkalai hampir 2 minggu karena kurangnya semangat. Setelah terkumpul semangat, proses lanjut ke pengecatan. Dua warna camo abu-abu saya campur/kombinasi dari 3 warna tamiya aklirik Light Grey, Sky Grey, Dark Grey dan Flat White. Cat untuk kamuflase diaplikasikan/diairbrush dengan menggunakan bantuan blue tac. Warna yang lebih gelap saya semprot dulu (karena lebih sedikit bidang yang ditutup), disusul warna camo yang lebih muda untuk camo atas dan seluruh badan bawah. Mesin dan nosel saya cat dengan enamel chrome silver dan gun metal (memanfaatkan persediaan yang ada).

Cat aklirik pada umumnya mempunyai butiran yang cukup besar, begitu pula cat yang saya gunakan ini, maka untuk memperhalus saya gosok permukaan pesawat dengan kain bekas secara perlahan. Hasilnya bila diraba lebih halus dan kelihatan lebih realistis warnanya. Selanjutnya permukaan dihaluskan lagi dengan sand paper grid 2000 dan hasilnya permukaan lebih mulus lagi dan kelihatan lebih bagus lagi warnanya (tetapi gosoknya harus hati-hati, bila terlalu kasar cat bisa ikut tergosok). Dari hasil penghalusan tadi, permukaan terlihat lebih glos (dengan cat flat) dan sangat halus, diharapkan pada saat tempel decal tidak silvering.

Kit saya kali ini tidak diwhasing (menegaskan panel line), karena dirasa panel line sudah terekspose tanpa whasing. Dan dari beberapa referensi gambar TS-2701 tampak pesawat ini bersih mulus, panel line tidak mencolok. Proses langsung ke penempelan decal. Sebelum tempel decal, kit disemprot dengan cat clear glos. Setalah rata dan kering decal ditempel dengan bantuan decal softener (Tamiya Mark Fit). Final coat disemprot dengan Tamiya Clear Glos campur Flat base dan setitik Tamiya light grey.

Terakhir part-part kecil yang sebelumnya sudah dirakit (roda pendarat, kanopi, tutup roda, antena/sensor) dilekatkan ke tempatnya dan inilah Su-27 Flanker TNI AU tail number TS-2701 (langsung di display, belum sempet foto)

No comments:

Post a Comment