Wednesday, October 12, 2011

Project MiG-17 Fresco AURI

Menambah koleksi pesawat Angkatan Udara Republik Indonesia, kali ini saya tertarik dengan MiG-17. Pada Era 1960an AURI tumbuh dan berkembang menjadi sebuah angkatan udara paling canggih dan menakutkan di bumi selatan. Kedekatan dengan Blok Timur (Uni Soviet) membuat AURI bisa mendatangkan pesawat-pesawat yang sangat canggih pada masanya, seperti MiG-21 Fishbed dan Tu-16 Badger. Pada awalnya 1957 didatangkan MiG-15 UTI bertempat duduk ganda untuk pesawat latih, sedangkan untuk pesawat tempur garis depan didatangkan MiG-17 bertempat duduk tunggal.
Dari hasil jalan-jalan di beberapa toko online dan beberapa kit MiG-17, pilihan saya jatuh pada Kit Hobby Boss MiG-17F Fresco C dengan skala 1/48.
Sebelum memilih kit saya sudah browsing terlebih dahulu mencari data-data referensi tentang MiG-17 AURI. Beberapa gambar saya jadikan referensi. Sedangkan marking ada beberapa saya jadikan acuan, sampai saat ini saya masih bingung menentukan pilihan. Ada beberapa gambar saya jadikan referensi (website www.wp.scn.ru), marking bergambar petir seperti gambar dibawah digunakan oleh tim aerobatik AURI saat itu.
Marking MiG dengan nomor F-1112, pesawat yang digunakan Letnan Daniel Maukar untuk menembaki Istana Merdeka pada 9 Maret 1960.
Untuk marking aerobatik telah tersedia decal dari Eagle Strike
Sedikit tentang project MiG-17 saya, finished kit akan saya post nanti bila sudah terealisasi.

No comments:

Post a Comment