Kit T-6 Texan merk Revell skala 1/48 |
Proses perakitan sama seperti biasanya, kita potong bagian/part pesawat dari sprue. Part/bagian pesawat ini tidak terlalu banyak, saya putuskan untuk memotong semua bagian
dan dilakukan fiting. Fiting/dry fiting adalah memastikan part/bagian pesawat pas tersambung pada bagiannya, kalau ada bagian yang tidak pas bias kita amplas/kikir atau kita dempul jika tidak bias diperbaiki dengan amplas. Proses pemotongan dan pemasangan saya lakukan semalaman…sambil nunggu live sepak bola.
Bagian-bagian pesawat dipasang sementara dengan selotip. |
Tahun 2017 sudah memasuki Bulan Nopember, saya baru menjalani opersasi cabut pen dan mengambil cuti sakit untuk recovery pemulihan pasca operasi. Lagi-lagi untuk mengisi waktu saya gunakan untuk merakit kit. Selain itu tahun 2017 ini belum ada kit yang saya selesaikan (kalau ndak ada finished kit, akan menjadi rekor bagi saya tahun tanpa merampungkan kit). Dan T-6 Texan kita lanjutkan.
Proses dilanjut sesuai buku manual/petunjuk perakitan. Dilakukan pengecatan bagian interior pesawat dengan warna hijau muda, warna interior pesawat USAF pada umumnya. Karena keterbatasan cat saya campur cat hijau dengan sedikit kuning, saya gunakan cat aklirik merk Tamiya. Cat hijau muda disemprotkan ke sebagian interior dan bagian kokpit, untuk beberapa bagian/peralatan dicat hitam dan silver. Setelah dilakukan pengecatan proses selanjutnya adalah washing, yaitu melaburkan cat hitam encer ke bagian-bagian sudut. Washing bertujuan untuk lebih menonjolkan bagian-bagian pesawat dan memberikan kesan pesawat telah terpakai.
Hasil pengecatan interior pesawat dan kokpit |
Bentuk kokpit setelah dirangkai. |
Setelah badan pesawat disatukan, hanya sebagian kokpit yang tampak. |
Badan pesawat menyatu, kita pasang juga sayap dan bagian ekor. Bagian-bagian pesawat telah disatukan dengan lem dan setelah kering dan kuat kita lakukan pengecekan lagi apakah dibagian-bagian sambungan ada gap/celah yang harus kita perbaiki. Biasanya gap ada di bagian sambungan fuselage/badan pesawat, kalau saya untuk menghilangkan gap saya gunakan lem alteco dan setelah kering diamplas. Setelah kita pastikan tidak ada gap atau tidak ada yang perlu diamplas atau didempul lagi, kita persiapkan pesawat untuk pengecatan termasuk bagian-bagian kecil seperti roda, landing gear, flap, tutup roda.
Bagian pesawat dipersiapkan untuk pengecatan. |
Proses berikutnya adalah pemasangan decal/stiker dengan marking AURI. Dari decal yang saya dapatkan pesawat ini bernomor serial B-448. Saya memutuskan hanya menggunakan tulisan B-448 dan AURI, sedangkan segi lima merah putih lambang AURI akan saya buat dengan manual dari masking/selotip (untuk proses/cara pembuatan saya tulis detail disini).
Pembuatan segi lima merah putih dengan bantuan selotip. |
T-6 Texan AURI serial B-448 |
T-6 Texan AURI serial B-448 kit pertama 2017 |
Terima Kasih.